DIREKTORAT JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT KATOLIK. Visi: Terwujudnya Masyarakat Katolik yang seratus persen Katolik dan seratus persen pancasilais dalam Negara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Misi: Mengajak Masyarakat Katolik untuk berperan serta secara aktif dan dinamis dalam mencapai tujuan pembangunan bangsanya.

Mulai Tanggal 1-30 Juni, Diharap Paroki Mengutus 5 Orang Untuk Daftar Penyuluh Agama Katolik Non PNS

Maumere (Humas) – Perekrutan Penyuluh Agama Katolik Non PNS lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka segera dibuka. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Seksi Urusan Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka, Raymundus Y.P.S Bataona, S.S, di ruang kerjanya, Senin, (07/06/2021). Raymundus menjelaskan bahwa saat ini sedang didistribusikan surat ke Paroki –paroki di Keuskupan Maumere untuk diumumkan perekrutan penyuluh agama Katolik Non PNS.

“Kita di seksi sedang dalam persiapan untuk perekrutan penyuluh agama Katolik Non PNS. Hari ini surat terkait pengumuman sudah mulai diedarkan ke semua Pastor Paroki untuk diumumkan,” terang Raymundus.

Kepala Seksi Urakat ini menerangkan bahwa kuota penyuluh agama Katolik Non PNS kali ini mencapai 80 orang. “Masing – masing paroki diharapkan mengutus lima orang untuk mengikuti seleksi. Tanggal 1- 30 Juni 2021 akan dibuat pengumuman, dan terhitung sejak tangal 1-30 Juli proses memasukkan lamaran sekalian seleksi berkas administrasi,” Jelasnya.

“Bersama teman – teman penyuluh agama Katolik PNS sudah dibuat rapat bersama untuk menyusun konsep rekrutmen berdasarkan petunjuk teknis yang tertuang dalam Keputusan Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 94 tahun 2021 tentang petunjuk teknis penyuluh agama Katolik Non PNS,” ungkapnya.

Dijelaskannya rekrutmen tahun ini dibuat dalam bentuk tes wawancara. “Dari tangal 6 sampai 15 agustus 2021 akan dilakukan tes wawancara. 18 Agustus 2021 akan diumumkan hasilnya,” tuturnya.

“Dalam wawancara akan diuji wawasan keagamaan Katolik, moderasi beragama, serta praktek beribadah,” tambahnya.

Sebagai informasi ketentuan serta persyaratan yang harus dipenuhi yakni awam yang beragama Katolik diutamaan yang;  Berijazah Sarjana Agama; Memiliki rekomendasi dari Pastor Paroki, Berusia minimal 22 tahun dan maksimal 65 tahun; Pendidikan minimal D3; Bukan pengurus dari organisasi terlarang; Penguasai IT.

Persyaratannya;  Surat lamaran ditulis tangan dan ditujukan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka; Daftar riwayat hidup; Fotocopy KTP; Fotocopy Surat Permandian; Fotocopy Ijazah terakhir; Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit; Surat rekomendasi Pastor Paroki setempat; Surat Rekomendasi Pejabat Bimas Katolik Setempat; Surat pernyataan bukan PNS/TNI/Polri; Serta pasfoto 4 x 6 latar merah. Semua kelengkapan persyaratan dibuat dan dikumpulkan dalam tiga rangkap. ***(Deddy/Mof/Aida Ceha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *